Friday 22 April 2016

LAPORAN MASKER WAJAH DARI KULIT JERUK

A.   LATAR BELAKANG
Kulit jeruk merupakan limbah organik yang sangat mudah kita jumpai. Dimana dalam eksperimen kali ini, saya menjadikan kulit jeruk sebagai bahan utama percobaan saya dalam pembuatan masker wajah ini. Selain kulit jeruk, saya juga menambahkan beras dan kunyit sebagai bahan kombinasi dengan kulit jeruk. Saya memilih kulit jeruk, beras, dan kunyit bukan hanya sekedar memasuk-masukkan nya saja. Melainkan bahan-bahan ini memiliki kandungan yang sangat berhasiat bagi kulit wajah.
Berikut kandungan yang terdapat dalam bahan masker wajah ini:
1.     Kulit jeruk
Kulit jeruk dapat menyeimbangkan produksi minyak pada kulit, sehingga membuat kulit menjadi halus dan lembut. Kulit jeruk kering juga berperan sebagai exfoliator alami yang dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan komedo dengan lembut dan alami, sehingga membuat kulit semakin bersinar.
Selain itu, kulit jeruk juga membantu menghilangkan bintik-bintik gelap dan noda di kulit wajah. Karena pembersihannya tidak memberi efek radang, anti bakteri, dan anti jamur, kulit jeruk ini juga sangat baik untuk mengatasi jerawat.

2.     Beras
Selain merupakan makanan pokok yang mengandung karbohidrat, ternyata beras mengandung berbagai macam kandungan lain. Khususnya untuk kulit wajah, seperti :
a.     Beras mempuyai kandungan Vitamin E yang dapat bermanfaat untuk menutrisi kulit sehinga selalu tampak lebih muda.
b.     Selain mempunyai kandungan Vitamin E, beras juga mempunyai kandungan Vitamin B, yang selalu digunakan dalam berbagai produk kosmetik untuk memutihkan kulit.
c.      Beras mempunyai kandungan zat oryzanol yang dapat membantu untuk memperbarui pigmen melanin bagi kulit dan berguna sebagai penangkal sinar ultra violet bagi kulit.
d.     Struktur kimia yang ada dalam beras dapat memberikan kontribusi untuk proses regenerasi dan pertumbuhan sel kulit yang telah rusak atau mati.
e.      Beras mempunyai kandungan asam ferulat yang berfungsi sebagai anti oksidan, sehingga dapat melindungi kulit dari radikal bebas.
3.     Kunyit
Kunyit (Curcuma Longa) mengandung zat anti oksidan yang tinggi dan zat aktif anti peradangan, dan anti bakteri yang dapat membunuh kuman di kulit. Zat anti radang ini berkhasiat untuk mengobati berbagai masalah kulit, seperti jerawat, iritasi dan gatal-gatal. Selain itu juga, ternyata kunyit juga berkhasiat mencerahkan rona kulit.

B.   BAHAN:
1.     Kulit Jeruk 30 gram
2.     Kunyit yang sudah dikupas 10 gram
3.     Beras 20 gram

C.   CARA KERJA:
1.     Iris kunyit dengan irisan yang sangat tipis
2.     Potong kulit jeruk menjadi bagian yang sangat kecil
3.     Jemur kunyit dan kulit jeruk selama 3 hari
4.     Rendam beras dalam air
5.     Masukkan daun pandan ke dalam rendaman beras sebagai pengharum
6.     Ganti air rendaman beras setiap hari selama 3 hari
7.     Setelah 3 hari, jemur beras selama setengah hari
8.     Kemudian blender beras, kunyit dan kulit jeruk hingga menjadi bubuk halus
9.     Bubuk masker siap digunakan
10.   Untuk menggunakannya campurkan dengan air mawar
11.Oleskan pada wajah secara merata
12. Diamkan selama 15 menit
13. Kemudian bersihkan dengan air




No comments:

Post a Comment