Tuesday 10 July 2018

Lukisan abstrak


BAB 1
PENDAHULUAN

A.Pengertian Aliran Abstrak
Aliran abstrak adalah aliran yang berusaha melepaskan diri dari sensasi-sensasi atau asosiasi figuratif suatu objek. Aliran abstrak dibedakan menjadi dua macam, yakni : 
1.   Abstrak kubistis
Abstrak kubistis yaitu abstrak dalam bentuk geometrik murni seperti lingkaran kubus dan segi tiga
2.   Abstrak Nonfiguratif
Abtrak Nonfiguratif yaitu abstrak dalam arti seni lukis haruslah murni sebagai ugkapan perasaan, di mana garis mewakili garis, warna mewakili warna dan sebagainya. Bentuk alami ditinggalkan sama sekali.

B. Pengertian Lukisan Abstrak
Lukisan abstrak itu menunjuk kepada wujud yang tidak realis atau natural yang tidak menampilkan rupa yang kita kenali sebagai rupa benda atau objek yang kita lihat dalam kenyataan sehari-hari. Lukisan abstrak adalah bentuk imajinasi seni yang di olah oleh seniman dalam mencari esensi bentuk objeknya sehingga bentuk dari wujudnya menjadi unik, yang mana bentuk dari lukisan abstrak itu sendiri tidak kita kenal sekalipun kita jumpai dalam alam nyata.

C.Ciri Seni Abstrak
Salah satu ciri seni abstrak itu adalah yang mana bentuknya tidak pernah kita kenali, bentuk abstrak tidak berhubungan dengan bentuk apa pun yang pernah kita lihat, namun bila diamati akan terlihat seperti sesuatu. Warna dan bentuk serta bahan tambahan lain dalam melukis abstrak adalah subjek lukisan abstrak untuk terlihat lebih unik. Dalam  pembuatannya, lukisan abstrak cukup peka dalam komposisi warna dan lebih banyak menggunakan cat air.
Seni abstrak yang lebih banyak cairan juga umumnya diklasifikasikan dengan seni abstrak adalah abstraksi figuratif dan lukisan yang merupakan hal-hal yang tidak visual, seperti emosi, suara, atau pengalaman spiritual. Abstraksi figuratif adalah abstraksi atau penyederhanaan realitas, di mana bahagian terperincil dihilangkan dari objek dikenali hanya menyisakan esensi atau beberapa derajat bentuk dikenali.









BAB 2
SEJARAH ALIRAN LUKISAN ABTRAK

A.Berdasarkan Zaman prasejarah
Secara historis, seni lukisan abstrak sangat terkait dengan gambar. Peninggalan-peninggalan prasejarah memperlihatkan bahwa sejak ribuan tahun yang lalu, nenek moyang manusia telah mulai membuat gambar pada dinding-dinding gua untuk mencitrakan bagian-bagian penting dari kehidupan mereka.
Semua kebudayaan di dunia mengenal seni lukis. Ini disebabkan karena lukisan abstrak atau gambar sangat mudah dibuat. Sebuah lukisan atau gambar bisa dibuat hanya dengan menggunakan materi yang sederhana seperti arang, kapur, atau bahan lainnya. Salah satu teknik terkenal gambar prasejarah yang dilakukan orang-orang gua adalah dengan menempelkan tangan di dinding gua, lalu menyemburnya dengan kunyahan daun-daunan atau batu mineral berwarna.
Pada mulanya, perkembangan seni lukis abstrak  sangat terkait dengan perkembangan peradaban manusia. Sistem bahasa, cara bertahan hidup (mengumpulkan, berburu dan memasang perangkap, bercocok-tanam), dan kepercayaan (sebagai cikal bakal agama) adalah hal-hal yang mempengaruhi perkembangan seni lukisan. Pengaruh ini terlihat dalam jenis obyek, pencitraan dan narasi di dalamnya. Pada masa-masa ini, seni lukis memiliki kegunaan khusus, misalnya sebagai media pencatat (lukisan dalam bentuk rupa).
 Saat-saat senggang pada masa prasejarah salah satunya diisi dengan menggambar dan melukis. Cara komunikasi dengan menggunakan gambar pada akhirnya merangsang pembentukan sistem tulisan karena huruf sebenarnya berasal dari simbol-simbol gambar yang kemudian disederhanakan dan dibakukan.
Pada satu titik, ada orang-orang tertentu dalam satu kelompok masyarakat prasejarah yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk menggambar daripada mencari makanan seperti yang di galeri lukisan atau galeri lukisan abstrak. Mereka mulai mahir membuat gambar dan mulai menemukan bahwa bentuk dan susunan rupa tertentu, bila diatur sedemikian rupa, akan nampak lebih menarik untuk dilihat daripada biasanya. Mereka mulai menemukan semacam cita-rasa keindahan dalam kegiatannya dan terus melakukan hal itu sehingga mereka menjadi semakin ahli. Mereka adalah seniman-seniman yang pertama di muka bumi dan pada saat itulah kegiatan menggambar (di galeri lukisan atau galeri lukisan abstrak)dan melukis mulai condong menjadi kegiatan seni.

B. Berdasarkan perkembangan di Mancanegara
Seni lukis abstrak dalam perkembangan sejarah seni rupa barat muncul pada abad 19. Romantisisme, impresionisme dan ekspresionisme adalah tiga aliran seni yang melahirkan seni abstrak. Memasuki penghujung abad 19, para pelukis barat mulai mencari alternatif inspirasi-- selain dari pengaruh kultur Eropa.  
Seiring berjalannya waktu, memasuki abad 20, kelompok pelukis barat mulai menganut gaya Fauvisme. Karakteristik gayanya lebih kepada dekoratif, penuh warna, spontan dan intuitif. Henri Matisse, pelukis asal Perancis melalui karya-karya lukis seperti French Window at Collioure (1914), View of Notre-Dame, (1914), dan The Yellow Curtain (1915), menggunakan gaya mendekati aliran abstrak murni yang terpengaruh gaya Wassily Kandinsky.  
Wassily Kandinsky secara umum dianggap sebagai seniman modern pertama yang melukis abstrak dengan kandungan objek karya yang tidak dikenali, pada 1910-1911. Munculnya kelompok de Stijl di Belanda dan sekelompok Dada di Zurich, mengembangkan lebih lanjut seni abstrak.
Melirik sejarah perkembangan seni lukis abstrak yang didominasi oleh para seniman lukis barat, Indonesia juga mempunyai kelompok pelukis abstrak bernama Soulscape. Kelompok ini terdiri dari tujuh orang pelukis tua dan muda asal kota Yogyakarta, yaitu AT Sitompul, Dedy Sufriadi, Netok Sawiji Rusnoto Susanto, Nunung WS, Sulebar M Soekarman, Utoyo Hadi dan Yusron Mudhakir. 
Kelompok Soulscape telah beberapa kali melakukan pameran lukisan abstrak di berbagai kota di Indonesia. Kali ini pameran bertajuk “Abstract Today : Soulscape-The Treasure of Spiritual in Art” digelar di Galeri Nasional, Jakarta. Pameran lukisan abstrak akan berlangsung 26 November hingga 6 Desember. Pameran ini menampilkan karya Soulscape dan pelukis abstrak dalam dan luar negeri. 
Utoyo Hadi, pelukis kelahiran Kudus merupakan salah satu anggota Soulscape, menampilkan dua karya berjudul “Kalatida 1” dan “Kalatida 2”.  Tema itu diambil dari karya sastra Jawa karangan Raden Ngabehi Ronggo Warsito berjudul Serat Kalatidha atau Kalatidha. Serat itu menceritakan, masa saat ia hidup adalah zaman gila. “Saya mengekspresikan dalam lukisan yang diwakili oleh warna dan unsur simbol, berisi metafora kehidupan,” ungkap Utoyo. 
Sedangkan seniman Soedarto, juga berasal dari Kudus-- menggunakan pengalamannya selama bekerja di perusahaan minyak sebagai inspirasi karya dan diberinya judul Ring of Fire. “Selama 26 tahun bekerja dengan orang-orang yang menekuni geologi, membuat saya lebih menaruh perhatian terhadap keberadaan Indonesia, yang menjadi bagian dari lingkaran api yang berbahaya. Dari sinilah inspirasi lukisan saya berasal,” ujar lelaki yang lahir di bulan Maret ini.
Pameran “Abstract Today: Soulscape-The Treasure of Spiritual in Art” mengembang misi kemanusiaan dan nilai-nilainya dengan cara berbeda, yakni mengekspresikan melalui media kanvas. Kehadiran pengunjung yang menikmati pameran lukis abstrak ini  dianggap sebagai langkah awal memasuki ranah batin para senimannya.













BAB 3
SENIMAN BESERTA LUKISAN BERALIRAN ABSTRAK

A.Seniman Abstrak Indonesia
1.  Ahmad Sadali
http://www.lukisan.info/wp-content/uploads/2012/11/sadali.jpg
Ahmad Sadali Lahir di Garut, Jawa Barat, ayahnya Haji Muhammad Djamhari dikenal hampir semua orang. Ia saudagar batik, pengusaha percetakan, pemilik sawah dan kebun. Karena itu, tak ada kesulitan menyekolahkan Dali dan saudara-saudaranya.
Mulai mengikuti pameran bersama pada 1951. Sejak itu Dali mencatat hampir 40 kali pameran, tujuh diantaranya pameran tunggal. Ia menerima anugerah seni dari pemerintah Indonesia, dan dianggap sebagai salah seorang perintis seni lukis abstrak Indonesia. Imajinasi abstrak yang total merupakan pegangan kreasi Sadali yang kemudian terjelma dalam susunan warna yang jernih. Dengan aksentuasi pada warna emas perada, yang mengisi dan membentuk bidang-bidang.
 Bukan hubungan atasan-bawahan, bukan hubungan kering, melainkan mesra. Rasa ketulusan dan kesungguhan tidak buyar karena nyala warna. Kemanisannya tak mengurangi kegempalannya. Pada 30 Desember 1978, lukisannya terpilih sebagai satu di antara tiga lukisan terbaik (bersama Lian Sahar dan Srihadi) pada Pameran Besar Seni Lukis Indonesia di TIM, Jakarta. Dalam lukisan yang berjudul Bidang Omber dan Sisa-sisa Emas, Sadali tampil dengan latar gelap kehitaman. Di sana sini pada tempat yang tepat, ada pancaran warna emas. Komposisi lukisan vertikal pada bidang gambar yang horisontal.

         Lukisan yang dibuat oleh Ahmad Sadali


[Achmad_Sadali.gif]http://www.lukisan.info/wp-content/uploads/2012/11/achmad-sadali4-150x150.jpghttp://www.lukisan.info/wp-content/uploads/2012/11/Copy-of-achmad-sadali.jpghttp://www.lukisan.info/wp-content/uploads/2012/11/achmad-sadali3-150x150.jpg



2.     Fadjar Sidik
http://www.lukisan.info/wp-content/uploads/2012/11/fadjar-sidik.jpg
Fadjar Sidik lahir di surabaya pada tahun 1930,
berawal dari dia bermukim di Bali selama 4th dari tahun 1957-1961 yang bermula beraliran seni lukis realis sekarang beralih ke abstrak pada tahun 60an, yang pada saat itu hanya melukis benda industri yang belum menjadi sebuah objek, dengan bakat yang ia punya, ia menggali bakat nya dan mengembangkan corak lukisan abstrak dengan dinamika keruangan, menggabungkan bentuk kotak serta bolatan2 yang menghasilkan sebuah karya lukisan yang elegan dan menjadi ciri khas dari karya seni Fadjar sidik.

Lukisan yang dibuat oleh Fadjar Sidik:


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhbUEbPY19LDjs4mnzwAtuUad_ICvNItmIzXXL_edt8_p19neDEmV1pHah7Z5ttCIxJDjIS_m7r_5-7UpDCalt4urRqgES1vKkdRnmHoXCutWzza1zcRpnepUqEDV_dg9TZ6VF2RjI_kega/s400/Fadjar_Sidik.gif

http://www.lukisan.info/wp-content/uploads/2012/11/Dinamika-Ruang_FADJAR-SIDIK_001-150x150.jpg

http://www.lukisan.info/wp-content/uploads/2012/11/2f46323910878a4e239733a8aff9d6b4-150x150.jpg

http://www.lukisan.info/wp-content/uploads/2012/11/sidik_fadjar-mozaikOMf3d30011211_20100829_38_41-150x150.jpg


3.      Affandi
http://www.lukisan.info/wp-content/uploads/2012/11/Affandi-145x150.jpg
Affandi Koesoema, seorang sosok yang sederhana,yang lahir di cirebon pada tahun 1907, dengan bakat seni yang kental. Karya Affandi telah mencapai 2000 lebih dengan gaya ekspresionis dan romantis nya.yang telah di pamerkan di berbagai negara. membuatnya menjadi Pelukis terkenal di Indonesia begitu juga Internasional.
Beberapa Karya lukis Affandi yaitu : Potret diri, Andong, Pohon beringin (yang pernah di ikutsertakan di perlelang di singapura),Pelabuhan Rotterdam, Fisher Man, Barong, Kwan Khong, barong dan leak, borobudur di pagi hari, sapi, para pejuang dan masih banyak lagi.


Contoh Lukisan karya Affandi :
http://www.lukisan.info/wp-content/uploads/2012/11/Afandi-Barong-150X200cm-1982-150x150.jpg
Pelukis : Afandi
Tahun: 1982
Judul : ” Barong I ”
Ukuran : 150cm X 200cm
Media : Oil on Canvas
http://www.lukisan.info/wp-content/uploads/2012/11/Afandi-Bisikan-Hitam-150x150.jpg
Pelukis : Afandi
Tahun: 1961
Judul : ” Potret Diri & Topeng-topeng Kehidupan ”
Ukuran : 110cm X 135cm
Media : Oil on Canvas
http://www.lukisan.info/wp-content/uploads/2012/11/Afandi-Sapi-100X120cm-Oil-on-Canvas-1977-150x150.jpg
Pelukis: Affandi
Tahun: 1977
Judul : ” Sapi ”
Ukuran : 100cm X 120cm
Media : Oil on Canvas
http://www.lukisan.info/wp-content/uploads/2012/11/Affandi-Para-Pejuang-100X135cm-150x150.jpg
Pelukis : Afandi
Tahun: 1972
Judul : ” Para Pejuang ”
Ukuran : 100cm X 135cm
Media : Oil on Canvas

4.   Abas Alibasyah
http://www.lukisan.info/wp-content/uploads/2012/11/1111100442abas1-150x150.jpg

Abas Alibasyah yang lahir di Purwakarta pada tahu 1928, bukan hanya terkenal sebagai pelukis terkenal di Indonesia namun Abas Alibasyah ini dikenal sebagai pejuang, pemikir dan organisatoris.
Berawal bersekolah di HIS (Holandsche Inlandsche School) dia mulai menyukai seni lukis dengan pelajaran menggambar yang sangat menonjol.
Pada tahun 1943 abas Alibasyah mulai mengembangkan bakat lukis yang ada pada diri nya  dan bergaul dengan pelukis lainnya seperti Hendra Gunawan, Barli Sasmitawinata dan Affandi.


contoh lukisan Abas Alibasyah
http://www.lukisan.info/wp-content/uploads/2012/11/Abas_Alibasyah-150x150.png
http://www.lukisan.info/wp-content/uploads/2012/11/abas-alibasyah-jkt-150x150.jpg
http://www.lukisan.info/wp-content/uploads/2012/11/87f65b9c9d7bd1b7935e2e7b669f40ad-150x150.jpg
http://www.lukisan.info/wp-content/uploads/2012/11/gema-waktu-150x150.jpg










5.      Nashar
http://www.lukisan.info/wp-content/uploads/2012/11/nashar.jpg
Nashar adalah seorang pelukis terkenal di Indonesia yang bermukim di Jakarta, Ia lahir di Pariaman sumatra barat pada tahun 1928. dengan teknik lukisan aliran bebas dari objek-objek manusia, hewan serta lingkungan yang di cari dan di lihat nya dan di lukiskan dengan abstraksi total.warna kecerahan yang di tonjolkan menceritakan kehidupannya sehari-hari.
Satu dari beberapa pelukis Nashar mempunyai sistem rumusan kredo tiga non  yaitu non konsep, objek dan tehnik, karena Nashar melukis suatu lukisan berdasarkan keinginan jiwa yang keluar dari diri nya sendiri.

Contoh Karya Nashar
http://www.lukisan.info/wp-content/uploads/2012/11/lukisan-nashar-150x150.jpg
http://www.lukisan.info/wp-content/uploads/2012/11/nshr-150x150.jpg
http://www.lukisan.info/wp-content/uploads/2012/11/nashar-lukisan-150x150.jpg
http://www.lukisan.info/wp-content/uploads/2012/11/Nashar_Art-2-150x150.jpg










B.     Seniman Abstrak Mancanegara
1.   Wassily Kandinsky
Image
Wassily Kandinsky  Lahir di Moskow pada 4 Desember 1866. Ayahnya adalah seorang pedagang teh dari Siberia timur, ibunya seorang wanita Rusia. Orang tuanya berpisah ketika Kandinsky masih kecil.
Kadinsky dibesarkan oleh saudara ibunya dan kemudian belajar hukum di Universitas Moskow. Pada tahun 1892, ia berhasil menyelesaikan studinya dan mengambil pekerjaan sebagai seorang profesor di Universitas Moskow.
Pada tahun 1896 ia memutuskan untuk mengabdikan dirinya sepenuhnya untuk melukis dan menyerahkan pekerjaannya kepada orang kepercayaannya. Dia memutuskan tinggal selama enam tahun di Munich.
Setelah pertemuan dengan Claude Monet, Kandinsky bisa melihat di mana bagus tidaknya suatu lukisan, apa yang menjadikan lukisan bagus sebenarnya, ia mengakui kekuatan warna sebagai penentu bagus tidaknya lukisan. Baginya, hal yang paling penting ialah warna dan bukan objek. Itulah awal karirnya sebagai pelukis. sering disebut sebagai pendiri lukisan abstrak. Kandinsky tercatat
Karyanya juga dikatakan telah dipengaruhi oleh Impresionisme PerancisArt NouveauNeo-Impresionisme,Ekspresionisme dan Fauvism. Kemudian selama Perang Dunia I, gaya yang khas sebagai seorang pelukis abstrak itu didorong oleh pengaruh dari Kubisme. Kandinsky telah secara aktif mempromosikan gerakan seni avant garde di Munich. Dia juga mendirikan gerakan De Blaue Reiter. Kemudian dalam karirnya, Kandinsky mengajar melukis di Bauhaus, Jerman.

Lukisan Karya Wassily Kandinsky

http://sikomoulil.files.wordpress.com/2012/06/kandinskyabstract.jpg?w=710&h=544
http://www.ibiblio.org/wm/paint/auth/kandinsky/kandinsky.comp-8.jpg
http://www.ibiblio.org/wm/paint/auth/kandinsky/kandinsky.comp-7.jpg
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/3/39/Kandinsky_white.jpg


2.     Henri Matisse
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/b/b1/Portrait_of_Henri_Matisse_1933_May_20.jpg/220px-Portrait_of_Henri_Matisse_1933_May_20.jpg
Henri Matisse (31 Disember 1869 – 3 November 1954) merupakan seorang pelukis Perancis, dikenali dengan penggunaan warna dan bendalirnya serta kemahiran melukis asli. Beliau merupakan seorang pelukis pelan, pembuat seni cetak, dan pengarca, tapi dikenali terutamanya sebagai pelukis catan. Henri Matisse biasanya dianggap, bersama-sama Pablo Picasso dan Marcel Duchamp, sebagai salah seorang daripada tiga pelukis yang membantu untuk mentakrifkan pembangunan revolusioner dalam seni plastik pada permulaan dekad abad ke-20, bertanggungjawab untuk kemajuan amat penting dalam lukisan catan dan arca

Lukisan karya Haenri Mattise:

https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQKipqsxby-0sz5vShpzagHUJluF7HBEPtIQRMO1jJw_aTCYoA http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/0/0a/Matisse-The-Dessert-Harmony-in-Red-Henri-1908-fast.jpg http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/f/fb/Matisse-Woman-with-a-Hat.jpg









C.     BEBERAPA LUKISAN HASIL KARYA SENIMAN LAINNYA




 






https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjbRDU1e6d3QaJzbbHiauumcVNucALwEiqaclBI23P5RVjlmju3Bsuxs23wOsRIA7ghS7QEBJ0iA5oFU84G8hZhxRQyxjtmsrVyLmJA1cCQ_i7MJP8xUyz5evz7qAKRUOcnxb3y8qJf40U/s400/dandan-pelukis078.jpg
https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcThi2Vt5LCCFD2C--Fd3wpnkvN7IOO_IMipElgVhmHYMzL8tyB60A

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjth7VWPV2v24byix7TcFe3eheUAY_9EjAeqBR-DxkgzhgYkyqZtUNihSocKwjBlzeGp2YM53bEVUzRKY9OKIGI27JSLteXf7uMUVK-QdWdirxMvBP3ycuzX0DdMOMEivZ8mriiRv1YUAw/s400/abstrak.jpg

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh9d-oYNet4AGuttSq0euxxoI0zYeG9qOllf6BWKMbzvnH5du6KAO6aQfhr-vH9ogsmRY0_f-HVX4i6Kg2SzYslStws2o4Xklta2byA7uLVrSgU4c8wcQC5ru1xg9psteL7nLHX4pcqxf2m/s1600/Abstract+Paintings+Wallpapers+03.jpg

No comments:

Post a Comment