Tuesday 10 July 2018

makalah lcd, led, plasma


TV lcd, led & plasma
TUGAS FISIKA



ANGGOTA KELOMPOK
·       Farkhan Suseno
·       Wibby Arief W.      
·       Dita Arifa                 
·       Elma Anggrayni     
·       Mutiara Pratiwi
·       Rahmadila Fazura











KATA PENGANTAR
Puji syukur kita ucapkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada hambanya, khususnya bagi kami yang telah mampu menyelesaikan makalah fisika ini yang berjudul “TV LCD,LED&PLASMA”.
Alhamdulillah dalam penulisan makalah ini kami tidak mendapatkan kendala-kendala sehingga penyelesaiannya dapat dikerjakan dengan baik. Selain itu, kami juga mengucapkan terima kasih kepada Ibu Hernelis M.P.Fis sebagai guru pembimbing yang telah memberikan dorongan, sumbangan ide dan motivasi sehingga makalah ini dapat terselesaikan.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna dan mungkin di dalam penulisan makalah ini terdapat hal-hal yang tidak sesuai dengan harapan. Oleh karena itu, kami dengan senang hati menerima masukan, kritikan dan saran dari pembaca yang sifatnya membangun demi kesempurnaan makalah ini. Semoga apa yang diharapkan dapat dicapai dengan sempurna.








Pekanbaru, 19 Agustus 2015





DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR                                         ........................................... i
DAFTAR ISI                                                        ........................................... ii
A.TV LCD
1.     Pengertian                                                    ........................................... 1
2.     Komponen                                                   ........................................... 1
3.     Cara Kerja                                                   ........................................... 2
4.     Kelebihan dan Kelemahan                           ........................................... 3
B. TV LED
1.     Pengertian                                                   ........................................... 4
2.     Komponen                                                  ........................................... 5
3.     Cara Kerja                                                  ........................................... 5
4.     Kelebihan dan Kelemahan                          ........................................... 6
C. TV PLASMA
1.     Pengertian                                                   ........................................... 6
2.     Komponen                                                  ........................................... 7
3.     Cara Kerja                                                  ........................................... 8
4.     Kelebihan dan Kelemahan                          ........................................... 8














A.TV LCD
1.     Pengertian
Monitor LCD (Liquid Crystal Display) adalah monitor yang di susun dengan menggunkan “cairan cristal”. LCD merupakan Sebuah teknologi layar digital yang menghasilkan citra pada sebuah permukaan yang rata (flat) dengan memberi sinar pada kristal cair dan filter berwarna, yang mempunyai struktur molekul polar, diapit antara dua elektroda yang transparan.
Teknologi yang ditemukan semenjak tahun 1888 ini, merupakan pengolahan kristal cair berisi cairan kimia, dimana molekul-molekulnya dapat diatur sedemikian rupa bila diberi medan elektrik seperti molekul-molekul metal bila diberi medan magnet. Bila diatur dengan benar, sinar dapat melewati kristal cair tersebut.
                                                                                                     
2.     Komponen

v  Vertical filter film untuk mempolarisasikan cahaya ketika masuk.
v  Glass substrate dengan ITO (Indium tin oxide ) electrodes untuk menetukan (membentuk) elemen gelap yang akan tampak ketika LCD dinyalakan atau dimatikan.
v  Twisted nematic liquid crystals.
v  Glass substrate dengan common electrode film (ITO) dilengkapi horizontal ridges sehingga menjadi satu baris dengan filter horisontal
v  Horizontal filter film untuk memblokir dan meloloskan cahaya.Gambar 5-17. Bagian-bagiandisplay LCD
v  Reflective surface untuk memantulkan kembali cahaya ke depan. (pada backlit LCD, layer ini diganti dengan sumber cahaya)

3.     Cara Kerja
Secara sederhana LCD terdiri dari dua bagian utama yaitu backlight dan kristal cair. Backlight sendiri adalah sumber cahaya yang biasanya terdiri dari 1 sampai 4 buah lampu. Lampu Backlight ini biasanya berwarna putih. Cara kerjanya sebagai berikut : kristal cair akan menyaring cahaya backlight. Cahaya putih merupakan susunan dari beberapa ratus spektrum cahaya dengan warna yang berbeda. Beberapa ratus spektrum cahaya tersebut akan terlihat jika cahaya putih mengalami refleksi atau perubahan arah sinar.
Untuk mengatur level gelap/terang (brightness) caranya dalah sebagai berikut : pada waktu kristal cair menutup serapat-rapatnya untuk menghasilkan warna hitam seharusnya tidak ada cahaya backlight yang menembusnya. Namun kenyataannya masih ada cahaya backlight yang bisa menembus kristal cair sehingga tidak bisa menampilkan warna hitam dengan baik. Inilah salah satu kekurangan LCD. Jadi semakin besar Contrast Ratio maka semakin bagus pula LCD dalam menampilkan warna. cara paling mudah untuk mengetahui seberapa bagus Contrast Ratio LCD adalah dengan menampilkan warna hitam di layar. Jika warna hitam tersebut cenderung abu-abu maka masih ada sedikit cahaya backlight yang berhasil menembus kristal cair.
LCD bekerja dengan cara membuka dan menutup layaknya tirai. Proses buka tutup ini berlangsung sangat cepat. Karena itulah ada istilah Response Time di LCD. Response Time adalah waktu yang diperlukan untuk berubah dari posisi kristal cair tertutup rapat (waktu menampilkan warna hitam) ke posisi kristal cair terbuka lebar (waktu menampilkan warna putih). Jadi semakin cepat response time maka semakin baik. Response Time yang lambat akan menimbulkan cacat gambar yang disebut ghosting atau jejak gambar. Biasanya pada objek yang bergerak cepat misal sedang memutar film akan menimbulkan jejak gambar seperti beberapa bujur sangkar yang terlihat seperti persegi.

4.     Kelebihan dan Kelemahan
v Keunggulan LCD TV
1.     Menghasilkan warna yang lebih realistis
2.     Teknologi anti glare (tanpa bayangan)
3.      Tersedia mulai ukuran kecil hingga besar
4.      Tidak ada radiasi yang dipancarkan
5.      Dapat digunakan sebagai monitor komputer
6.      Kebutuhan sumber daya listrik yang lebih rendah dibanding Plasma
7.      Pada TV LCD, layar diterangi oleh lampu belakang sehingga relatif tidak terpengaruh silau karena pantulan cahaya dan memberikan gambar-gambar modulasi yang halus dan terang bahkan dalam ruangan yang bercahaya terang atau dekat jendela dimana sinar matahari masuk.
v Kelemahan LCD TV
1.     Kualitas gambar akan menurun apabila dilihat pada sudut pandang yang lebar
2.      Untuk ukuran yang besar, harganya lebih mahal apabila dibandingkan dengan Plasma TV
3.      Refresh Rate dan Response Time yang jauh lebih rendah dibandingkan Plasma, sehingga kadang menghasilkan gambar yang kabur

B. TV LED
1.     Pengertian  
.Monitor LED (Light Emitting Diode) memiliki teknologi yang sama dengan LCD dengan pengembangan lebih lanjut dari LCD yang memiliki efek display peningkatkan pada warna yang ditampilkan yaitu lebih banyak variasi warnanya.
Perbedaan secara fisik pada LED komputer umumnya terletak pada bentuknya yang lebih ramping/ tipis. Pada beberapa tipe LED memiliki fungsi dan fitur yang lebih lengkap dibandingkan LCD, seperti kemampuan digital touch screen, Digital TV internet, Digital TV tuner. Sedangkan perbedaan secara umum antara LED dan LCD hanya terletak pada sistem pencahayaannya yang menggunakan teknologi LED backlight. Berbeda dengan LCD yang menggunakan CCFL Backlight (Cold Cathode Fluorescent Lamp) dalam bahasa Indonesian “lampu neon berjenis fluorescent”, monitor LED mampu menghemat konsumsi listrik hingga 50-70% dibandingkan dengan LCD dengan kemampuan menghasilkan gambar yang sangat tajam.


2.     Komponen 
                         
3.     Cara Kerja
LED menggunakan cahaya pancaran diode (light emitting diode) sebagai sumber cahaya televisi. LED menggunakan diode untuk membuat banyak vibrant dan image yang berwarna-warni. Warna hitam akan menajadi benar-benar hitam, bukan hitam abu-abu, dan warna LED Televisi LED memiliki kontras rasio 500,000:1, juga refresh rate yang tinggi untuk membantu menonton acara yang penuh dengan gerakan seperti olahraga dan film.
Kita sudah tau bahwa LED adalah dioda, sehingga memiliki kutup ( polar ). Arah arus konvensional hanya dapat mengalir dari anoda ke katoda. Dan bagaimana kita dapat membedakan kutup-kutupnya? Perhatikan bahwa 2 kawat ( kaki ) pada LED memiliki panjang yang berbeda. Kawat yang panjang adalah anoda sedangkan yang pendek adalah katoda.
Ada cara lain lagi, yaitu jika kamu melihat dari atas, kamu akan mengetahui ada sisi yang datar. Sisi yang datar itu adalah katoda. Jika kamu lihat ke dalamnya, kamu dapat membedakannya berdasarkan bentuk yang terlihat.
                                                         
4.     Kelebihan dan Kelemahan
v Kelebihan LED TV
1.      Tingkat contrast yang jauh lebih tinggi dibandingkan LCD TV, setara atau bahkan lebih tinggi daripada Plasma TV
2.      Memungkinkan produsen untuk memproduksi televisi layar datar dengan ukuran super tipis, dengan ketebalan sekitar 2.5 cm
3.      Lebih ramah lingkungan
4.      Konsumsi listrik yang lebih rendah sekitar 20-30% dibandingkan LCD TV konvensional
5.      Berbagai produk LED TV dari vendor terkenal menawarkan fitur pemrosesan gambar digital, fitur Digital TV Tuner, dan berbagai fitur terbaru lainnya.
v Kelemahan LED TV
1.      Harga yang sedikit lebih mahal, untuk ukuran dan fitur yang sama, harga LED TV yang termurah sekitar 20% lebih mahal dibanding LCD TV konvensional
2.     Layar LED yang lebih tipis cenderung lebih sensitif

C. TV PLASMA
1.     Pengertian
Plasma Display Panel (PDP) atau di Indonesia banyak dikenal sebagai Plasma TV atau Monitor Plasma merupakan jenis monitor yang menggabungkan teknologi CRT dengan LCD. Dengan teknologi yang dihasilkan, mampu membuat layar dengan ketipisan menyerupai LCD dan sudut pandang yang dapat selebar CRT.
Istilah dan konsep teknologi Plasma TV diperkenalkan pada tahun 1936 oleh seorang ahli Fisika. Monitor plasma menggunakan warna penuh panel datar fosfor untuk menampilkan gambar-gambar, sehingga kombinasi dan reproduksi warnanya yang dihasilkan sangat baik dan interaktif. PDP sendiri berasal dari penggunaan sel Plasma, yang merupakan lampu Fluorescent, sebagai dasar pencahayaan layar televisi tersebut. Sebuah Plasma TV memanfaatkan jutaan sel Plasma yang diletakkan diantara dua panel layar kaca. Setiap sel yang berisi kombinasi antara gas noble dan sejumlah kecil mercury yang akan diuapkan dan diberi aliran listrik sehingga berpendar dan membentuk plasma. Warna dihasilkan dari fosfor yang terdapat di dalam sel tersebut, di mana di dalam setiap sel akan berisi fosfor 3 jenis warna utama, yaitu: Red, Green, dan Blue, atau biasa dikenal dengan RGB. Perbedaan voltage yang diberikan pada tiap sel juga menghasilkan kombinasi warna yang ada.

2.     Komponen

3.     Cara Kerja
1)    Plasma memberi muatan kepada kantung-kantung yang berisi gas neon dan xeon yang berada di antara dua panel gelas.
2)    Plasma terdiri dari satu juta tabung fluorescent berukuran sangat kecil.
3)    Ketika tabung fluorescent tersebut diberi muatan, gas neon dan xeon akan mengeluarkan foton ultraviolet.
4)    Kemudian foton menumbuk pospor yang akan memendarkan cahaya  warna.
5)    Kombinasi cahaya ini akan menghasilkan gambar di televisi sebagaimana yang kita lihat.

4.     Kelebihan dan Kelemahan
v Keunggulan Plasma TV
1.     Menghasilkan warna hitam yang lebih baik dari LCD TV
2.     Contrast rasio yang tinggi (1:2.000.000)
3.     Sudut pandang lebih lebih lebar
4.     Refresh Rate dan Response Time yang cepat, meminimalisir tampilan gambar kabur
v Kelemahan Plasma TV
1.     Gambar diam yang ditampilkan dalam waktu yang lama akan menimbulkan burn-in dan gambar berbayang
2.      Kualitas gambar akan terus menurun seiring dengan lamanya penggunaan, meskipun dalam jangka waktu yang relatif lama
3.      Lebih berat dari LCD
4.      Menggunakan daya listrik yang lebih besar dibandingkan dengan LCD TV
5.      Ukuran umumnya tidak tersedia di bawah 42 inci.
6.      Kinerja pospor akan menurun seiring berjalannya waktu. Jika kinerja pospor sudah menurun, maka cahaya yang dikeluarkan saat pospor ditumbuk foton, akan semakin berkurang dan redup
7.      Rasio kontras  akan mengalami penurunan sebesar 50 persen dalam waktu penggunaan 4-5 tahun. Sedangkan untuk aspek brightness (rasio terang), beberapa produsen mengklaim, penurunan sebesar 50 persen, baru akan terjadi setelah penggunaan selama 60.000 jam (15 tahun penggunaan normal).





1 comment: