Tuesday 10 July 2018

proposal wirausaha burung puyuh


    
 

 

BAB 1
PENDAHULUAN
A.          LATAR BELAKANG
Bagi masyarakat Indonesia burung Puyuh memang sudah tidak asing lagi, kendati hewan ini merupakan binatang liar yang hidup di gunung-gunung. Namun beberapa puluh tahun terakhir, ternyata burung liar ini sudah bisa dijinakkan dan dibudidayakan, serta dikembangkan secara komersial. Indonesia dalam pengembangan puyuh memang agak ketinggalan dibandingkan dengan negara-negara lain seperti Thailand, Malaysia, Jepang dan termasuk Amerika Serikat. Namun, saat ini pengembangan ternak burung puyuh berkembang pesat, terutama sebelum harga pakan unggas ini naik.
Pengembangan burung puyuh sangat cocok untuk usaha kecil, menengah hingga ke peternakan besar. Hasilnya untuk para peternak kecil, dapat mengisi kebutuhan risiko dapur, dalam penjualan telur maupun dagingnya. Saat sekarang pengembangan peternakan puyuh mulai bangkit lagi setelah harga-harga bahan pakannya turun. Untuk memelihara dan menernakan burung puyuh secara komersial, baik puyuh pedaging maupun petelur tidak terlalu rumit perawatannya. Bahkan bila dibandingkan dengan menernakan ayam, jauh lebih enteng dan efisien. Mengingat, memelihara burung puyuh tidak memerlukan kandang dan lahan yang luas.
Peternakan burung puyuh banyak terdapat di Sumatera, Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah . Bila melihat prospeknya, beternak burung puyuh bisa dijadikan sebagai usaha sampingan ataupun profesi. Sebab, telur maupun daging burung puyuh, kini mulai digemari masyarakat dari berbagai kalangan. Hanya saja, tingkat produktivitasnya masih jauh dari mencukupi permintaan pasar .Masalahnya, sampai saat ini masih banyak orang yang belum mengetahui prospek, cara beternak, memperoleh bibit dan pemeliharaannya dengan cara komersial.
Padahal kehadiran burung puyuh ini telah dikenal orang sejak lama. Hanya tempo dulu banyak orang memeliharanya sebatas hobi dan tidak dikembangkan secara bisnis. Namun akhir-akhir ini, setelah meningkatnya jumlah kebutuhan gizi masyarakat, permintaannya semakin meningkat termasuk daging dan telur puyuh.

B.          TUJUAN
Tujuan dari  kegiatan wirausaha beternak puyuh ini, adalah:
1.      Dapat melakukan wirausaha beternak  burung puyuh dengan baik dan   memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan masyarakat.
2.      Dapat memenuhi pasokan telur dan daging burung puyuh sesuai dengan kebutuhan.
3.      Bulunya sebagai bahan aneka kerajinan atau perabot rumah tangga lainnya
4.      Kotorannya sebagai pupuk kandang ataupun kompos yang baik dapat digunakan sebagai pupuk tanaman.
5.      Dapat menciptakan lapangan pekerjaan untuk diri sendiri dan untuk orang lain
6.      Dengan usaha ini diharapkan dapat memberikan pengalaman dan mendapatkan keuntungan

C.          PELUANG PASAR
Kami memilih usaha budidaya burung puyuh karena dari segi pemenuhan kebutuhan, terdapat banyak rumah makan yang membutuhkan telur burung puyuh. Hal ini didasari juga dengan faktor atau keterbatasan orang yang memiliki usaha budidaya burung puyuh. Oleh sebab itu, menurut kami peluang dalam membuka usaha budidaya burung puyuh itu cukup tinggi.










BAB 2
ANALISIS BIAYA
Untuk dapat menjalankan kegiatan wirausaha beternak puyuh ini diperlukan biaya atau sejumlah taksasi dana (modal). Setelah melihat langkah-langkah dalam konsep dasar berusaha dan memperkirakan sejumlah taksasi dana yang akan diperlukan, maka wirausaha beternak puyuh dapat dimulai dengan kalkulasi anggaran biaya sebagai berikut :
A.      INVESTASI ALAT dan BAHAN
NO
ITEMS
HARGA (Rp)
1
Kandang ukuran 9 x 0,6 x 1,9m
(1 jalur + tempat makan dan minum)
2.320.000,-
2
Kandang besar                                              
1.450.000,-
3
Alat/perlengkapan kandang                          
1.000.000,-
4
Bibit puyuh umur 1 bulan 2000 ekor
2.000.000,-
Modal Awal
6.770.000,-
Biaya penyusutan/bulan  = total investasi/umur alat
= (6.770.000/24 bulan)
290.000,-

B. BIAYA TETAP
NO
ITEMS
HARGA (Rp)
1
Pakan ayam
150.000,00
2
Listrik/air
50.000,00
3
Penyusutan alat
290.000,00
4
Vaksinasi
15.000,00
Total biaya per bulan
505.000,00









C. BIAYA TIDAK TETAP
NO
BAHAN BAKU
JUMLAH
@ (Rp)
HARGA (Rp)
1
Konsentrat (BR)
1 karung
325.000,00
325.000,00
2
Obat-obatan
1 set
100.000,00
100.000,00
JUMLAH
425.000,00


D. TOTAL BIAYA
Total biaya yaitu jumlah keseluruhan biaya tidak tetap dan biaya tetap. Pada proses budidaya ayam petelur, total biaya yang dibutuhkan adalah:
Total biaya    =   biaya tidak tetap + biaya tetap
                        =   Rp425.000,00 + Rp505.000,00
                        =   Rp930.000,00
E. PEMASUKAN
1)  Hasil penjualan telur puyuh (1 burung puyuh dalam sehari menghasilkan 1 telur) :
              1 butir telur                                                                                   Rp 220,00
     Maka 2000 ayam = 2000 x Rp 220,00                                         Rp 440.000,00    
2)  Jadi, total pendapatan dalam satu bulan = 30 x 440.000             Rp 13.200.000,00
F. KEUNTUNGAN / LABA
Pendapatan selama 1 bulan                                                               Rp 13.200.000,00
Jadi, keuntungan bersih dalam  1 bulan:
Rp 13.200.000,00 – Rp 930.000,00                                                  Rp 12.270.000,00









BAB 3
PELAKSANAAN WIRAUSAHA
Langkah awal untuk beternak burung puyuh yang mesti dipersiapkan, di antaranya, lahan,kandang, bibit, ransum (pakan) alat peternakan dan perlengkapan lainnya.
A.  Penyiapan dan peralatan
1.   Perkandangan
Dalam sistem perkandangan yang perlu diperhatikan adalah temperatur kandang yang ideal atau normal berkisar 20-25 derajat C; kelembaban kandang berkisar 30-80%; penerangan kandang pada siang hari cukup 25-40 watt, sedangkan malam hari 40-60 watt (hal ini berlaku untuk cuaca mendung/musim hujan). Tata letak kandang sebaiknya diatur agar sinar matahari pagi dapat masuk kedalam kandang. Model kandang puyuh ada 2 (dua) macam yang biasa diterapkan yaitu sistem litter (lantai sekam) dan sistem sangkar (batere). Ukuran kandang untuk 1 m 2 dapat diisi 90-100 ekor anak puyuh, selanjuntnya menjadi 60 ekor untuk umur 10 hari sampai lepas masa anakan. Terakhir menjadi 40 ekor/m 2 sampai masa bertelur.
Adapun kandang yang biasa digunakan dalam budidaya burung puyuh adalah:
a.   Kandang untuk induk pembibitan
Kandang ini berpegaruh langsung terhadap produktifitas  dan kemampuan mneghasilkan telur yang berkualitas. Besar atau ukuran kandang yang akan digunakan harus sesuai dengan jumlah puyuh yang  akan  dipelihara.
b.   Idealnya satu ekor puyuh dewasamembutuhkan luas kandang 200 m2.
c.    Kandang untuk induk petelur
Kandang  ini berfungsi sebagai kandang untuk induk   pembibit. Kandang ini   mempunyai   bentuk,  ukuran,  dan  keperluan  peralatan  yang  sama. Kepadatan  kandang  lebih besar  tetapi bisa juga sama.
d.   Kandang untuk anak puyuh/umur stater(kandang indukan)
Kandang  ini  merupakan  kandang  bagi  anak  puyuh  pada  umur starter, yaitu  mulai  umur  satu   hari  sampai  dengan  dua  sampai  tiga  minggu. Kandang   ini   berfungsi  untuk   menjaga  agar  anak  puyuh  yang masih memerlukan  pemanasan  itu  tetap  terlindung  dan  mendapat panas yang sesuai  dengan  kebutuhan.  Kandang  ini  perlu  dilengkapi  alat pemanas. Biasanya  ukuran  yang  sering  digunakan  adalah  lebar 100 cm, panjang 100 cm, tinggi 40 cm, dan tinggi kaki 50 cm. (cukup memuat 90-100 ekor anak puyuh).
e.     Kandang  untuk  puyuh  umur grower (3-6 minggu) dan layer (lebih dari 6 minggu)
Bentuk,  ukuran  maupun peralatannya sama dengan kandang untuk induk petelur. Alas kandang biasanya berupa kawat ram.

2.   Peralatan
Perlengkapan kandang berupa tempat makan, tempat minum, tempat bertelur dan tempat obat-obatan.

3.   Penyiapan Bibit
Yang perlu diperhatikan oleh peternak sebelum memulai usahanya, adalah memahami 3(tiga) unsur produksi usaha perternakan yaitu bibit/pembibitan, pakan (ransum) dan pengelolaan usaha peternakan. Pemilihan bibit burung puyuh disesuaikan dengan tujuan pemeliharaan, ada 3 (tiga) macam tujuan pemeliharaan burung puyuh, yaitu:
a.      Untuk produksi telur konsumsi, dipilih bibit puyuh jenis  ketam betina yang sehat atau bebas dari kerier penyakit.
b.      Untuk produksi daging puyuh, dipilih bibit puyuh jantan dan puyuh petelur afkiran.
c.      Untuk pembibitan atau produksi telur tetas, dipilih bibit puyuh betina yang baik produksi telurnya dan puyuh jantan yang sehat yang siap membuahi puyuh betina agar dapat menjamin telur tetas yang baik.

4.   Pemeliharaan
a. Sanitasi dan Tindakan Preventif
Untuk    menjaga   timbulnya   penyakit   pada   pemeliharaan  puyuh  kebersihan lingkungan   kandang   dan   vaksinasi   terhadap   puyuh  perlu  dilakukan  sedini
mungkin.
b.       Pengontrolan Penyakit
Pengontrolan  penyakit  dilakukan  setiap  saat  dan  apabila ada tanda-tanda yang kurang  sehat  terhadap  puyuh  harus segera dilakukan pengobatan sesuai dengan petunjuk dokter hewan atau dinas peternakan setempat atau petunjuk dari Poultry Shoup.

c.        Pemberian Pakan
Ransum  (pakan)  yang dapat diberikan untuk puyuh terdiri dari beberapa bentuk, yaitu:  bentuk  pallet,  remah-remah  dan  tepung. Karena  puyuh  yang  suka  usil mematuk   temannya   akan    mempunyai    kesibukan    dengan   mematuk-matuk pakannya.  Pemberian  ransum  puyuh  anakan  diberikan  2 (dua) kali sehari pagi dan  siang.  Sedangkan  puyuh  remaja / dewasa diberikan ransum hanya satu kali sehari  yaitu  di pagi hari. Untuk pemberian minum pada anak puyuh pada bibitan terus-menerus.

d.       Pemberian Vaksinasi dan Obat
Pada  umur  4-7  hari  puyuh  di  vaksinasi  dengan  dosis  separo dari dosis untuk ayam.  Vaksin  dapat  diberikan  melalui  tetes mata (intra okuler) atau air minum (peroral) .  Pemberian  obat  segera dilakukan apabila puyuh terlihat gejala-gejala sakit  dengan  meminta  bantuan  petunjuk  dari  PPL  setempat ataupun dari toko peternakan (Poultry Shoup), yang ada di dekat Anda beternak puyuh.

5.   Persyaratan lokasi
a.      Lokasi jauh dari keramaian dan pemukiman penduduk
b.      Lokasi mempunyai strategi transportasi, terutama jalur sapronak dan jalur-jalur pemasaran
c.      Lokasi terpilih bebas dari wabah penyakit
d.      Bukan merupakan daerah sering banjir



BAB 4
RENCANA PEMASARAN PRODUK HASIL BUDIDAYA
A.  TUJUAN PEMASARAN
ü  Mempertahankan pertumbuhan yang positif pada setiap bulannya.
ü  Mencapai pendapatan yang stabil.
B.  PENETAPAN HARGA
Harga untuk produk yang pada umumnya dijual menggunakan satuan kilogram ini kami tentukan berdasarkan harga di pasaran pada umumnya.
C.  PASAR SASARAN (TARGET)
Target utama yang kami tuju untuk memperlancar usaha ini adalah pasar. Di dalam pasar, banyak sekali pemasok telur yang mampu secara kontinyu membeli telur dengan harga yang sesuai. Selain lingkungan pasar, kami akan memasarkan telur ke berbagai rumah makan yang mempergunakan bahan dasar telur dengan kualitas terbaik.
D.  CARA PEMASARAN
Kami menggunakan metode distribusi langsung dalam memasarkan barang, yaitu dengan mengunjungi pembeli ke pasar atau rumah makan. Karena usaha kami yang belum banyak dikenal masyarakat, dengan menggunakan metode distribusi langsung akan dengan mudah bagi kami untuk menjaring pembeli di sekitar tempat transaksi.



BAB 5
PENUTUP
A.  Kesimpulan       
Dari pembahasan-pembahasan di atas dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
·        Beternak Burung Puyuh sangat cocok untuk usaha kecil, menengah hingga peternak besar Dan hasilnya untuk para peternak dapat mencukupi kebutuhan dapur. Dalam penjualan telur maupun dagingnya.
·        Dalam daging dan telur burung puyuh mengandung gizi yang cukup tinggi, bahkan sebanding dengan daging dan telur ayam, itik dan hewan unggas lainnya. Sehingga, masyarakat akhir-akhir ini, mulai menggemari daging dan telur puyuh. Sebab daging puyuh dan telur puyuh selain enak dan lezat rasanya, juga dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan, terutama telurnya.
B.  Saran
Dari kesimpulan-kesimpulan di atas, penulis memiliki beberapa saran diantaranya :
·        Mulailah dengan beternak burung puyuh jika ingin usaha .karena beternak burung puyuh sangat cocok untuk usaha kecil , menengah maupun besar .
·        Konsumsilah telur dan daging burung puyuh karena mengandung gizi yang cukup tinggi.


















1 comment:

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66
    -perang baccarat (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete