Tuesday 10 July 2018

Membandingkan Teks Eksplanasi dan Teks Deskripsi


Membandingkan Teks Eksplanasi dan Teks Deskripsi
NO

TEKS EKSPLANASI
TEKS DESKRIPSI
1
JUDUL
Kemiskinan dan Permukiman Kumuh di Perkotaan
Menguak Keindahan Bawah Laut Bunaken
2
ISI TEKS
Kita semua menyadari bahwa kemiskinan merupakan salah satu masalah sosial di indonesia yang tidak mudah diatasi. Keluhan yang paling sering disampaikan mengenai permukiman masyarakat miskin tersebut adalah rendahnya kualitas lingkungan yang dianggap sebagai bagian kota yang mesti disingkirkan. Tulisan ini mencoba untuk memberikan penjelasan tentang upaya untuk mengatasi kemiskinan di perkotaan. Sekaligus pula untuk meningkatkan kualitas lingkungan permukiman masyarakat miskin.
Peremajaan kota
Pendekatan konvensional yang paling populer adalah menggusur permukiman kumuh dan kemudian diganti oleh kegiatan perkotaan lainnya yang dianggap lebih bermartabat. Kemiskinan dan kualitas lingkungan yang rendah adalah hal yang mesti dihilangkan tetapi tidak dengan menggusur masyarakat yang telah bermukim lama di lokasi tersebut. Bagi orang yang tergusur malahan penggusuran ini akan semakin menyulitkan mereka. Karena mereka mesti beradaptasi dengan lokasi permukimannya yang baru. Di Amerika Serikat, pada saat itu permukiman masyarakat miskin di pusat kota digusur dan diganti dengan kegiatan perkotaan yang lebih baik. Peremajaan kota ini menciptakan kondisi fisik perkotaan yang lebih baik tetapi syarat dengan masalah sosial. Sehingga peremajaan kota yang dilakukan pada saat itu sering disesali oleh para ahli perkotaan saat ini karena menimbulkan masalah sosial seperti kemiskinan perkotaan yang semakin akut, gelandangan dan kriminalitas.

Pulau yang terletak di bawah laut kota Manado ini, memiliki keanekaragaman kehidupan yang sangat besar karena pulau-pulau ini merupakan tempat dimana plankton-plankton yang makanan semua makhluk hidup biota laut naik kepermukaan. Disini para turis bisa menemui hampir 70-80% ikan dan terumbukarang  yang  ada  didunia.
Keindahan terumbu karang pulau Bunaken juga sangat bagus. Mereka tidak mengalami coral bleaching, efek dari badai el-nino sehingga warna dan keindahaannya tetap terjaga. Di Bunaken, para turis dapat menemukan banyak sekali hal-hal yang jarang sekali terlihat, seperti pygmy seahorse, yaitu kuda laut  yang sangat unik. Siput laut atau yang disebut juga nudibranch, siput laut yang sangat mudahditemukan di Bunaken.Cangkangnya mempunyai beragam warna. Sebagai tambahan, Bunaken merupakan tempat konservasi alam yang sukses. Hal ini menyebabkan banyak sekali kura-kura  yang dapat mencapai umur 80 tahun sehingga turis dapat melihat banyak sekali kura-kura sebesar meja tulis.

3
PERSAMAAN
1. Termasuk ke dalam kategori jenis teks faktual
2. Sama-sama menjelaskan suatu bacaan
3. Sama-sama menggunakan konjungsi sebab dan akibat
4. Sama-sama menggunakan kata kerja (verba)
5. Sama-sama terdapat kata istilah dalam teks
6. Menggunakan kata benda (nomina)

4
PERBEDAAN
1. Struktur teksnya terdiri atas pernyataan umum, deretan penjelasan dan kesimpulan
2. Menjelaskan suatu bacaan dengan alasan-alasan mengapa suatu peristiwa terjadi

1. Struktur teks terdiri dari identifikasi, klasifikasi dan deskripsi bagian
2. Menggambarkan sesuatu hal yang dapat diutarakan dengan jelas

5
MAKNA
Untuk mentata permukiman miskin itu tidak harus dilakukan dengan cara menggusur permukiman masyarakat miskin tetapi dengan melakukan pemberdayaan kepada masyarakat miskin


6
KESIMPULAN
cara untuk mengatasi kemiskinan dan rendahnya kualitas lingkungan permukiman masyarakat miskin adalah tidak dengan menggusurnya. Penggusuran hanyalah menciptakan masalah sosial perkotaan yang semakin akut dan pelik. Aktivitas hijau seperti yang dilakukan oleh masyarakat Penjaringan dan Kampung Toplang merupakan bukti kuat bahwa masyarakat
Miskin mampu meningkatkan kualitas lingkungan permukiman dan mengetaskan kemiskinan.solusi yang berkelanjutan untuk mengatasi kemiskinan dan permukiman kumuh di perkotaan adalah pemberdayaan masyarakat miskin dan bukanlah penggusuran.

keindahan taman laut bunaken dikarenakan biota laut yang beragam dan terjaga sehingga dapat menarik wisatawan lokal maupun mancanegara.
Keindahan taman bawah laut bunaken tidak terlepas dari kepedulian warganya terhadap lingkungan sekitar.

















TUGAS KELOMPOK B. INDONESIA
“Membandingkan Teks Eksplanasi dan Teks Deskripsi”

D
I
S
U
S
U
N

OLEH :

Dea Vilia Siswoyo
Elma Anggrayni
Fikri Novriandi
Yuriza Fadila

No comments:

Post a Comment